Pages

Ads 468x60px

Senin, 08 Oktober 2012

BSOD Unmountable Boot Volume

 



Pernah melihat tampilan di atas ketika menyalakan PC anda?
Jangan panik dulu, jangan buru-buru bawa PC anda ke tukang servis. Karena rata-rata servis komputer akan memvonis bahwa Windows anda rusak dan menganjurkan untuk menginstall ulang kembali Windows. Yang berarti program-program dan aplikasi serta font yang sudah kita install akan ikut hilang. Dan mengharuskan kita untuk menginstallnya lagi satu per satu. Menyebalkan dan merepotkan bukan? Nah, maka dari itu saya akan berbagi trik untuk memperbaiki blue screen di atas.
Eitss, sebelumnya anda harus punya Disk drive (CD-ROM, CD-RW, DVD ROM, dll.), CD installer Windows XP, serta kopi dan rokok untuk menemani anda mengikuti petunjuk di bawah ini :)

Langkah pertama :

  1. Cek dulu kabel IDE / Sata serta kabel power dari power Supply yang menancap ke harddisk anda, apakah sudah terpasang dengan baik dan benar.
  2. Cek setting BIOS (biasanya dengan menekan tombol F2 atau DEL) untuk memeriksa konfigurasi kecepatan UDMA pada Hard Disk, apabila disetting pada “Fast” atau “Faster” sebaiknya diubah ke “Normal”. 
Kalau kedua langkah diatas sudah dilakukan berarti kita siap memperbaiki error BSOD unmountable boot volume

Langkah kedua :
  1. Masukkan CD Win XP ke Disk drive.
  2. Jangan lupa setting boot PC anda ke CD melalui Bios
  3. Setelah restart jangan lupa untuk siap-siap menekan tombol apapun di keyboard saat muncul tulisan "Press any key to boot from cd...."
  4. CD Windows akan melakukan loading driver hardware dan setelah itu akan muncul Welcome Screen yang menampilkan 3 pilihan : ·         INSTALL WINDOWS (ENTER), REPAIR WINDOWS (R),
    QUIT (F3) 
  5. Pilih yang Repair Windows dengan menekan tombol R pada keyboard.
  6. Akan muncul tampilan pilihan tempat Installasi Windows yang rusak (biasanya C:\WINDOWS) dan tekan angka 1 untuk melanjutkan ke Command Prompt.
  7. Setelah masuk ke Command prompt, ketikkan CHKDSK /P
  8. Akan terdapat pesan Error “CHKDSK found one or more errors on the volume“, kemudian ketik CHKDSK /R untuk memperbaikinya.
  9. Setelah proses selesai dan kembali lagi ke command prompt, ketik “FIXBOOT“(tanpa tanda petik) 
  10.   Tekan tombol “Y” untuk YES saat muncul konfirmasi dari FIXBOOT
  11.  Setelah proses Overwritten selesai dan kembali ke command promptKetik FIXMBR dan setelah proses selesai ketik EXIT.
  12. Selanjutnya komputer akan melakukan restart, jangan lupa keluarkan CD Windows yang tadi berada di Disk Drive. 
Mudah kan? Anda tidak perlu repot-repot membawa PC anda ke servis komputer, dan tentunya tidak akan mengeluarkan biaya reparasi. Hanya keluar biaya internet untuk membuka blog ini :)  

3 komentar:

  1. thanks gan... :D

    erastusblog.blogspot.com

    BalasHapus
  2. bagaimana cara konfigurasi kecepatan UDMA pada Hard Disk, apabila disetting pada “Fast” atau “Faster” sebaiknya diubah ke “Normal”. saya sudah masuk BIOS tapi syg tidka melihat adanya seting pengaturan tersbut. saya menggunakan dell inspiron n4010 .. terimakasih

    BalasHapus